Puisi Sosial untuk Ujian Praktek Bahasa Indonesia

February202012

Masih teringat jelas Tahun 2011 lalu saya siap-siap untuk hadapi Ujian Nasional rasanya seperti terjun bebas ke Bumi penuh dengan ketegangan seperti yang sedang teman-teman atau Adik-adik rasakan, karena sebentar lagi menghadapi Ujian Nasional. namun sebelum Ujian Nasional terlebih dahulu adanya Ujian Praktek untuk mata pelajaran Biologi, kimia, fisika, Agama, Bhs. Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Pada waktu itu Ujian Praktek Bhs. Indonesia seluruh siswa siswi diwajibkan memilih salah satu opsi dari Guru, yaitu: Pidato atau Puisi.

Jadi saya lebih memilih Praktek Membaca Puisi saja (kalo pidato saya kurang bisa) kebetulan waktu itu jika memilih puisi harus yang bertemakan Kritik Sosial, ya sudah kubuat saja.


Tema puisi: Kritik Sosial
Judul puisi: Suara Rakyat Negri



Usai sudah penghitungan suara
wakil raykat kini terpilih
sang Pemimpin duduk manis berpangku tangan, enggan menoleh ke bawah (rakyatnya) menyapa pun tidak.

Janji janji manis sebelum masa tetahtaan, dituntut oleh raykat negri ini, Dia yang sedang mengisi istana kepresidenan nihil dengan kemunafikan bersandiwara yang berkicau.

Mana janjimu wahai pemimpin.? Berhentilah menyanyi kerjakan tugas serta Amanatmu, seluruh pelosok negri menuntut janji pemimpin di Tanah air, Telinganya ditutup rapat-rapat menghiraukan suara raykat.

Turun saja dari kursi kepresidenanmu..! Jika tak mampu.
Keluar saja dari istana megahmu..! Jika hanya bersandiwara.
Di negri Bhineka Tunggal Ika masih banyak Jiwa Mulia dan berakhlak baik.

Sabang sampai Merauke akan menarik dirimu turun..
Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat menuju cahaya Baru.


Karya: Wawan93 Papua Blog


Teman-teman dan adik yang sedang bersekolah dan butuh puisi kritik sosial semoga ini bisa membantu dan bulan Mei semoga Lulus semua. Amin smile
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

53 responses to "Puisi Sosial untuk Ujian Praktek Bahasa Indonesia"

RifkyMu Newbie on 01:05 PM, 20-Feb-12

amien sob....
Nyimak
kunbal ya

Yanz'rimba on 01:06 PM, 20-Feb-12

wow puitis banget sob.. Jadi ingat bang iwan fals nih...

Kaprol Linkpark Faint on 03:06 PM, 20-Feb-12

ane requezt,,, keindahan alam, ane juga nihh mau praktek

Arisanthox on 03:13 PM, 20-Feb-12

puisinya bagus sob..benar'' mengena... exclaim

Cuszeroseven on 03:33 PM, 20-Feb-12

bagus sob puisinya

ACHENES on 04:09 PM, 20-Feb-12

wow keren sob......

Emjebe on 04:36 PM, 20-Feb-12

waduh, g ngrti yg beginian. Cz uda lama g skolah. Xixi

Asa Why-Lach on 04:36 PM, 20-Feb-12

Lw belum jadi bicara-a manis,
tapi lw sudah jadi y lupa sama janji2 sebelum jadisad

bagus tuh sob di bikin lagu

Rosiandro Mobile's Blog on 05:17 PM, 20-Feb-12

puisinya mantap,kunjungan balik ya sobat

Mahameru01 on 05:39 PM, 20-Feb-12

absen + nyimaks sob

ApHeX GRuNgE on 05:46 PM, 20-Feb-12

mantap sob ditunggu kunbalnya, tema twitter s60v2 full icon annabelle
http://wiephex.heck.in/twitter-theme-s60v2-anna-icon.xhtml

Dhanjeung | Collection Of The Latest Applications on 05:55 PM, 20-Feb-12

Mantebb dah moga sukses sob

メメ™ gudell.pun.bz on 08:10 PM, 20-Feb-12

rameee bgt yak gan wawan

╰¶м·ƒυsн·₪∙— on 08:30 PM, 20-Feb-12

ajiebh,jd inget waktu muda dulu.. biggrin

Hasby on 08:40 PM, 20-Feb-12

Smoga brhasil shob.

Ryand Blends Anime™ on 09:02 PM, 20-Feb-12

cma bsa nymak ajja sob.. lol

Paddz on 10:06 PM, 20-Feb-12

Bagus pidatonya gan

biggrin

WageMzZ on 10:08 PM, 20-Feb-12

Wah,,,,kereN sob,,,,ane ampe serius ngebca ini

Trickhape on 10:34 PM, 20-Feb-12

nice post sob,, mantab. biggrin

hadie player fx on 10:38 PM, 20-Feb-12

nyimak sob bru kelas dua.. .thanks

RifkyMu Newbie on 11:04 PM, 20-Feb-12

keren tuh sob

Ade Kesturi on 11:14 PM, 20-Feb-12

Hahaha..
Ane catat sob
lumayan biggrin

DeckWira on 11:25 PM, 20-Feb-12

wah thanks ya..mantap..kbtulan ane menjelang menghadapi ujian praktek...

Thomp on 11:42 PM, 20-Feb-12

nyimak aja sob

Ariss on 12:20 AM, 21-Feb-12

kunjungan pagi sob, wah tmbh motivasi nich, soalnya mau pda ujian UN sob, thanks postingannya biggrin

Erna Fitriani on 12:26 AM, 21-Feb-12

mantep puisinya gan..

Mugiyanto on 12:47 AM, 21-Feb-12

Menyentuh puisinya sob, met pagi

Agues on 02:21 AM, 21-Feb-12

Ane nyimak ja gan..

Satria on 02:26 AM, 21-Feb-12

Mantab gan lanjut smile

Fakhrur on 03:10 AM, 21-Feb-12

mantap dah sob

Han on 03:40 AM, 21-Feb-12

Hadir + nyimak sob.

Borneo Mobile Blog on 04:49 AM, 21-Feb-12

Pas mantab dah puisinya.......,kena banget.....

Iki Aq Utar on 05:56 AM, 21-Feb-12

ssiiip kawan.....mantap sekali puisi kritik sosialnya... I like it

Admin [Zona Islam] on 06:20 AM, 21-Feb-12

nyimak jank, lol slm skses n q tggu nt d blog q

Adhy Zuck Gandhy on 06:25 AM, 21-Feb-12

mantabs sob

Ma'som on 07:21 AM, 21-Feb-12

siang sob,mf bru smpet mampir mwb erot mulu d tempt ane..
wah,jd pngen msuk SMA lge sob,jd syang dah tUa.. biggrin
mantep sob postnya.

Ibenk Msv on 08:48 AM, 21-Feb-12

liat2 dulu akh, met sore sob

|V̲̅A̲̅D̲̅I̲̅E̲̅L̲̅2̲̅4̲̅| on 09:10 AM, 21-Feb-12

harus dibaca nih sama wakil rakyat sob. smile

Exodius on 09:14 AM, 21-Feb-12

gud luck bang

ribut12 on 10:04 AM, 21-Feb-12

selamat sore kawan... Mumpung lagi ada waktu nih jalan2 dulu ke blog sahabat... Mantap kawan, ane cuma nyimak aja biggrin lanjutkan arrow

Eza3E s60v2 on 11:35 AM, 21-Feb-12

aku bukan pelajar tp kuli bangunanmrgreen
nice

Nechi87™s60v3 on 11:58 AM, 21-Feb-12

mantap bung,,,,,,,,,,wink

Haekal on 12:26 PM, 21-Feb-12

Wiii. Mantap ndan. . Trnyta ente seorng penyair juga ea. redface
www.blogmwb.pun.bz

Erfan on 07:08 PM, 21-Feb-12

puisinya bagus sob....

Aditya Putra on 12:10 AM, 22-Feb-12

Mantep sob... maaf nih akhr2 ini ane jarang berkunjung ke blog kawan2 karena sibuk di dumay... wih maju terus bos ! wassalam

Agung Afandi on 04:04 AM, 22-Feb-12

Assalamu'alaykum Wr. Wb.
Nice Share Sob...
izin Meninggalkan Jejak Sob, Sekalian Follow smile
Kalau Sobat Berkenan, Dan Sudi, Ditunggu Kunjungan Balik Dan Follbacknya...
Mohon Bimbingan Gan, Newbie smile

http://khilafah-s60v3.heck.in

Achiel on 07:37 AM, 22-Feb-12

Thank s0b tpi ane smk pelajaran.A khusus2 g2....

Astigar on 08:03 AM, 22-Feb-12

keren sob. Tp ane dh gx skulmrgreen

Grandong on 06:40 AM, 23-Feb-12

Kunjungan perdana nih sobat. Salam kenal. diharapkan kunjungan balik dan FollowBackNya di blog ane

Mudzi on 12:33 AM, 24-Feb-12

Hebat,bangga,takjub PUISInya,kreatp dn cepat tanggap mmanpa'atkn situasi,pokoknya sucses slalu buat Anda.

Dwi Arief on 12:54 AM, 26-Feb-12

sip...
.apik banget lahhhh

naufal on 12:35 PM, 06-Mar-12

mantep cil.

yoga putra on 07:35 AM, 08-Aug-12

bagus puisi'a bagaimana cara membuat'a ?

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top