Puisi Sosial untuk Ujian Praktek Bahasa Indonesia

February202012

Masih teringat jelas Tahun 2011 lalu saya siap-siap untuk hadapi Ujian Nasional rasanya seperti terjun bebas ke Bumi penuh dengan ketegangan seperti yang sedang teman-teman atau Adik-adik rasakan, karena sebentar lagi menghadapi Ujian Nasional. namun sebelum Ujian Nasional terlebih dahulu adanya Ujian Praktek untuk mata pelajaran Biologi, kimia, fisika, Agama, Bhs. Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Pada waktu itu Ujian Praktek Bhs. Indonesia seluruh siswa siswi diwajibkan memilih salah satu opsi dari Guru, yaitu: Pidato atau Puisi.

Jadi saya lebih memilih Praktek Membaca Puisi saja (kalo pidato saya kurang bisa) kebetulan waktu itu jika memilih puisi harus yang bertemakan Kritik Sosial, ya sudah kubuat saja.


Tema puisi: Kritik Sosial
Judul puisi: Suara Rakyat Negri



Usai sudah penghitungan suara
wakil raykat kini terpilih
sang Pemimpin duduk manis berpangku tangan, enggan menoleh ke bawah (rakyatnya) menyapa pun tidak.

Janji janji manis sebelum masa tetahtaan, dituntut oleh raykat negri ini, Dia yang sedang mengisi istana kepresidenan nihil dengan kemunafikan bersandiwara yang berkicau.

Mana janjimu wahai pemimpin.? Berhentilah menyanyi kerjakan tugas serta Amanatmu, seluruh pelosok negri menuntut janji pemimpin di Tanah air, Telinganya ditutup rapat-rapat menghiraukan suara raykat.

Turun saja dari kursi kepresidenanmu..! Jika tak mampu.
Keluar saja dari istana megahmu..! Jika hanya bersandiwara.
Di negri Bhineka Tunggal Ika masih banyak Jiwa Mulia dan berakhlak baik.

Sabang sampai Merauke akan menarik dirimu turun..
Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat menuju cahaya Baru.


Karya: Wawan93 Papua Blog


Teman-teman dan adik yang sedang bersekolah dan butuh puisi kritik sosial semoga ini bisa membantu dan bulan Mei semoga Lulus semua. Amin smile
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

53 tanggapan untuk "Puisi Sosial untuk Ujian Praktek Bahasa Indonesia"

RifkyMu Newbie pada 12:35, 20-Peb-12

amien sob....
Nyimak
kunbal ya

Yanz'rimba pada 12:36, 20-Peb-12

wow puitis banget sob.. Jadi ingat bang iwan fals nih...

Kaprol Linkpark Faint pada 14:36, 20-Peb-12

ane requezt,,, keindahan alam, ane juga nihh mau praktek

Arisanthox pada 14:43, 20-Peb-12

puisinya bagus sob..benar'' mengena... exclaim

Cuszeroseven pada 15:03, 20-Peb-12

bagus sob puisinya

ACHENES pada 15:39, 20-Peb-12

wow keren sob......

Emjebe pada 16:06, 20-Peb-12

waduh, g ngrti yg beginian. Cz uda lama g skolah. Xixi

Asa Why-Lach pada 16:06, 20-Peb-12

Lw belum jadi bicara-a manis,
tapi lw sudah jadi y lupa sama janji2 sebelum jadisad

bagus tuh sob di bikin lagu

Rosiandro Mobile's Blog pada 16:47, 20-Peb-12

puisinya mantap,kunjungan balik ya sobat

Mahameru01 pada 17:09, 20-Peb-12

absen + nyimaks sob

ApHeX GRuNgE pada 17:16, 20-Peb-12

mantap sob ditunggu kunbalnya, tema twitter s60v2 full icon annabelle
http://wiephex.heck.in/twitter-theme-s60v2-anna-icon.xhtml

Dhanjeung | Collection Of The Latest Applications pada 17:25, 20-Peb-12

Mantebb dah moga sukses sob

メメ™ gudell.pun.bz pada 19:40, 20-Peb-12

rameee bgt yak gan wawan

╰¶м·ƒυsн·₪∙— pada 20:00, 20-Peb-12

ajiebh,jd inget waktu muda dulu.. biggrin

Hasby pada 20:10, 20-Peb-12

Smoga brhasil shob.

Ryand Blends Anime™ pada 20:32, 20-Peb-12

cma bsa nymak ajja sob.. lol

Paddz pada 21:36, 20-Peb-12

Bagus pidatonya gan

biggrin

WageMzZ pada 21:38, 20-Peb-12

Wah,,,,kereN sob,,,,ane ampe serius ngebca ini

Trickhape pada 22:04, 20-Peb-12

nice post sob,, mantab. biggrin

hadie player fx pada 22:08, 20-Peb-12

nyimak sob bru kelas dua.. .thanks

RifkyMu Newbie pada 22:34, 20-Peb-12

keren tuh sob

Ade Kesturi pada 22:44, 20-Peb-12

Hahaha..
Ane catat sob
lumayan biggrin

DeckWira pada 22:55, 20-Peb-12

wah thanks ya..mantap..kbtulan ane menjelang menghadapi ujian praktek...

Thomp pada 23:12, 20-Peb-12

nyimak aja sob

Ariss pada 23:50, 20-Peb-12

kunjungan pagi sob, wah tmbh motivasi nich, soalnya mau pda ujian UN sob, thanks postingannya biggrin

Erna Fitriani pada 23:56, 20-Peb-12

mantep puisinya gan..

Mugiyanto pada 00:17, 21-Peb-12

Menyentuh puisinya sob, met pagi

Agues pada 01:51, 21-Peb-12

Ane nyimak ja gan..

Satria pada 01:56, 21-Peb-12

Mantab gan lanjut smile

Fakhrur pada 02:40, 21-Peb-12

mantap dah sob

Han pada 03:10, 21-Peb-12

Hadir + nyimak sob.

Borneo Mobile Blog pada 04:19, 21-Peb-12

Pas mantab dah puisinya.......,kena banget.....

Iki Aq Utar pada 05:26, 21-Peb-12

ssiiip kawan.....mantap sekali puisi kritik sosialnya... I like it

Admin [Zona Islam] pada 05:50, 21-Peb-12

nyimak jank, lol slm skses n q tggu nt d blog q

Adhy Zuck Gandhy pada 05:55, 21-Peb-12

mantabs sob

Ma'som pada 06:51, 21-Peb-12

siang sob,mf bru smpet mampir mwb erot mulu d tempt ane..
wah,jd pngen msuk SMA lge sob,jd syang dah tUa.. biggrin
mantep sob postnya.

Ibenk Msv pada 08:18, 21-Peb-12

liat2 dulu akh, met sore sob

|V̲̅A̲̅D̲̅I̲̅E̲̅L̲̅2̲̅4̲̅| pada 08:40, 21-Peb-12

harus dibaca nih sama wakil rakyat sob. smile

Exodius pada 08:44, 21-Peb-12

gud luck bang

ribut12 pada 09:34, 21-Peb-12

selamat sore kawan... Mumpung lagi ada waktu nih jalan2 dulu ke blog sahabat... Mantap kawan, ane cuma nyimak aja biggrin lanjutkan arrow

Eza3E s60v2 pada 11:05, 21-Peb-12

aku bukan pelajar tp kuli bangunanmrgreen
nice

Nechi87™s60v3 pada 11:28, 21-Peb-12

mantap bung,,,,,,,,,,wink

Haekal pada 11:56, 21-Peb-12

Wiii. Mantap ndan. . Trnyta ente seorng penyair juga ea. redface
www.blogmwb.pun.bz

Erfan pada 18:38, 21-Peb-12

puisinya bagus sob....

Aditya Putra pada 23:40, 21-Peb-12

Mantep sob... maaf nih akhr2 ini ane jarang berkunjung ke blog kawan2 karena sibuk di dumay... wih maju terus bos ! wassalam

Agung Afandi pada 03:34, 22-Peb-12

Assalamu'alaykum Wr. Wb.
Nice Share Sob...
izin Meninggalkan Jejak Sob, Sekalian Follow smile
Kalau Sobat Berkenan, Dan Sudi, Ditunggu Kunjungan Balik Dan Follbacknya...
Mohon Bimbingan Gan, Newbie smile

http://khilafah-s60v3.heck.in

Achiel pada 07:07, 22-Peb-12

Thank s0b tpi ane smk pelajaran.A khusus2 g2....

Astigar pada 07:33, 22-Peb-12

keren sob. Tp ane dh gx skulmrgreen

Grandong pada 06:10, 23-Peb-12

Kunjungan perdana nih sobat. Salam kenal. diharapkan kunjungan balik dan FollowBackNya di blog ane

Mudzi pada 00:03, 24-Peb-12

Hebat,bangga,takjub PUISInya,kreatp dn cepat tanggap mmanpa'atkn situasi,pokoknya sucses slalu buat Anda.

Dwi Arief pada 00:24, 26-Peb-12

sip...
.apik banget lahhhh

naufal pada 12:05, 06-Mar-12

mantep cil.

yoga putra pada 08:05, 08-Agu-12

bagus puisi'a bagaimana cara membuat'a ?

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas